My site

Home | Sign Up | Log In
Thursday, 23/Nov/2017, 6:18 PM
Welcome Guest | RSS
Site menu
Section categories
News [10]
News Media
SEO [0]
SEO Media
Otomotif [11]
Otomotif Media
Survey [0]
Survey 2016
Chat Box
200
Our poll
Rate my site
Total of answers: 26
Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Home » 2012 » September » 27 » ECU Pada MotoGP
6:38 PM
ECU Pada MotoGP

Perusahaan elektronik raksasa Italia Magneti Marelli (MM) bukan hanya piawai soal kelistrikan motor sampai seapi-apinya. MM yang bukan ManiakMotor, tapi Magneti Marelli itu, berapi-api akan memasok ECU (Electronics Control Unit) buat semua kontestan MotoGP. Itu lewat kerjasama resmi dalam 4 tahun yang telah disepakati MM dengan Dorna selaku promotor MotoGP.

Dari kotak seukuran hp ini, semua data yang bergerak di motor MotoGP bisa direkam. Gile tuh barang. Pelek yang geol-geol saja terekam oleh sensor yang memasok data ke ECU. Juga  pembalap yang malas ngegas bisa dibaca langsung. Termasuk kinerja mesin dan aerodinamiknya, serta seluruh pengumpulan data dan analisisnya. Itu yang disebut datalogger, bukan rojer, ganti.., 86 coy..! 

Asal tahu saja, soal ECU inilah yang menjadi kelemahan paling mendasar para pembalap CRT yang bertarung satu lintasan dengan pembalap MotoGP. Karena perantinya mahal yang harus bekerjasama dengan perusahaan elektronik yang mengerti soal ECU. Sebagai perbandingan saja seperti yang dipakai supersports 600 cc di balap Indonesia, untuk memasang semua sensor dibutuhkan Rp 1 miliar. 

Ya, sebelumnya barang ini sudah ada, setiap tim dipasok perusahaan yang berbeda-beda. Sedang MM bekerjasama secara khusus dengan Dorna. Dengan kontrak 4 tahun, katanya jatuh-jatuhnya akan murah. "MM membawa teknologi terbaru dan inovatif ke MotoGP. Ini akan membuat biaya kontestan semakin murah,” girang Ezpelata, CEO Dorna

Untuk sementara sifatnya masih opsional. Tim-tim MotoGP masih diperkenankan menggunakan sistem yang mereka punya. Tapi, nantinya ECU bikinan Italia itu akan jadi penyuplai tunggal dan wajib dipakai semua pembalap. Ya, pasti murahlah Om! Soalnya, MM menyediakan perangkat itu secara gratis ke tim, mereka tahunya berbisnis dengan Dorna. Otomatis ada biaya tim yang terpangkas.  

MM  yang bermarkas di Bologna, Italia, nantinya membentuk tim tersendiri. Mereka akan ada di setiap balapan untuk membantu dan mengawasi kinerja ECU. Ah, macam di Indonesia, balapan serba tunggal atau memang Indonesia yang meniru mereka? Andro

Views: 540 | Added by: Admin | Tags: ECU, motogp | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar
Log In
Search
Calendar
«  September 2012  »
SuMoTuWeThFrSa
      1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30
Entries archive
Site friends

Copyright MyCorp © 2017 |