Home » 2018 » January » 5 » GKJT (Gedung Kesenian Jawa Tengah) Semarang
11:41 PM
GKJT (Gedung Kesenian Jawa Tengah) Semarang

JAMNAS TMC Nasional (TVS Motor Community) akan segera digelar pada 16-18 Februari 2018 bertempat di Kota Semarang dengan lokasi Gedung Kesenian Jawa Tengah Semarang, tahukah kamu tentang Gedung Kesenian Jawa Tengah?.

GKJT (Gedung Kesenian Jawa Tengah) Semarang terletak di Jl.Puri Mairokoco Kelurahan Tawang Sari Semarang  Barat. Gedung ini dibangun untuk menjawab  Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No. 5A/1993 tanggal 27 Februari 1993 tentang pembentukan dewan kesenian di seluruh propinsi se-Indonesia.  dengan Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah No. 430/78/1993 tangggal 3 Agustus 1993 terbentuklah  Dewan Kesenian Jawa Tengah (DKJT) Semarang. Sampai pada tahun 1996 DKJT belum membahas adanya pembangunan gedung kesenian di Semarang. DKJT lebih mengutamakan pada progam dengan seniman-seniman  untuk lebih memantapkan dan mengukuhkan sebagai organisasi kesenian di semarang. Hasilnya pada Musyawarah DKJT 12-13 Februari 1999 di Hotel Srondol Indah Semarang dengan dukungan Gubernur Propinsi Jawa Tengah H. Mardiyanto pada masa itu, yang mendesak setiap daerah kabupaten dan kota di Jawa Tengah segera membentuk DKD.

DKJT sadar diri bahwa pembangunan gedung kesenian butuh perencanaan yang matang dan pembiayaan yang besar. Terlihat di GKJT terdapat gedung pameran seni rupa, gedung pertunjukan dan space outdor. kondisi yang asri dan jauh dari keramain kota memberikan daya tarik tersendiri untuk mengadakan event di GKJT. Tercatat event Loenpia Jazz pernah terselenggara di Gedung Kesenian Jawa Tengah dengan antusiasme yang luar biasa. Alangkah lebih ideal bila acara-acara pameran lukis, musik, tari, teater, dilestarikan guna mengenalkan kembali Gedung Kesenian Jawa Tengah  di publik. Berkaca dari sejarah  butuh waktu lama untuk bersepakat berdirinya Gedung Kesenian Jawa Tengah, menjadikan bara api untuk membakar para pengiat seni dalam mengoptimalkan GKJT kembali.

Views: 45 | Added by: asariyosuke | Tags: Tac Surabaya, Jamnas, TMC Nasional, semarang, TORCY Semarang | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar